Resep Bumbu Teh Kombucha

Resep Bumbu Teh Kombucha, mudah dibuat dan sederhana rasanya nikmat, sedikit asam, tetapi menyegarkan. Minumlah 3kali sehari (100 ml), yaitu pada waktu perut kosong di pagi hari, setelah makan siang, dan menjelang tidur, bagi yang memiliki sakit maag sebaiknya di konsumsi setelah makan. Kombucha kaya akan Vitamin, 10 macam Asam, Enzym dan Bakteri yang menguntungkan tubuh!




Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
Porsi
10 menit
10 menit
20 menit
5 Orang

Bahan Resep Bumbu Teh Kombucha
  • Biakan kombucha
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok teh hijau atau hitam
  • 1 Liter air

Peralatan yang di butuhkan :
  • Panci steinless steel untuk memasak air
  • Toples kaca
  • Kain penutup toples

Cara membuat Teh Kombucha
  1. Rebus teh , gunakan panci steinless atau panci email yang tidak ada cacatnya. (jika lapisan emailnya sudah mengelupas keluar karat dari dalam lapisan email) Jangan gunakan panci alumunium.
  2. Saring tehnya, masukkan 100 gram gula pasir .aduk( jangan memakai peralatan dari logam). Dinginkan  (sekitar 20 derajat Celcius)
  3. Masukkan dalam toples kaca.gelas bening. Jangan gunakan tempat dari plastik atau bahan dari logam karena akan mengakibatkan oksidasi. Metal atau besi selain steinless steel akan bereaksi dengan asam dan mengkontaminasi teh kombucha yang di buat.
  4. Bila anda mempersiapkan teh kombucha untuk pertama kalinya, tambahkan cairan dari hasil produksi yang lalu (yang berumur minimal 2 bulan adalah yang paling baik). Masukkan biakan (starter) kombucha.
  5. Tutup toples tersebut dengan kain yang rapat, ikat dengan karet.( agar semut, lalat atau kotoran lainnya tidak bisa masuk dan udara mengalir bebas).
  6. Fermentasi membutuhkan waktu 8 – 12 hari. Makin hangat suhunya semakin singkat prosesnya. Selama fermentasi berlangsung tempat kultur kombucha pada tempat yang tenang, hangat dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  7. Selain itu, kultur juga tidak boleh di goyang atau terkena goncangan. Bila kombuch telah mencapai pH 2,7 – 3,2 (bergantung selera individu) keluarkan biakan (starter) kombucha.
  8. Masukkan air kombucha itu ke dalam botol , tutup rapat dan jangan digoyang. Setelah 3-5 hari baru bisa di konsumsi. 
  9. Pisahkan cairan yang sudah jadi tersebut serta saringlah dengan saringan plastik yang bersih dari minyak lalu masukkan kombucha ke dalam botol kaca/gelas, tutup rapat–rapat (jangan menggunakan tutup dari logam) dengan sumbat nonlogam lalu simpan dalam lemari es. 
  10. Teh kombucha siap untuk di sajikan.
Selamat Teh Kombucha siap dihidangkan untuk 5 orang.

NB: Akan lebih enak lagi apabiladi diamkan lagi selama 3 hari (kali ini wadah di tutup rapat) agar soda dari hasil termentasi lebih keluar.Sisakan 10 % untuk keperluan pembuatan kombucha selanjutnya. Setiap kali fermentasi, jangn lupa menambahkan 10% minuman teh kombucha ke dalam teh.